Perancangan Prototype Aplikasi Thriftshop Berbasis Mobile Mengunakan Metode Design Thinking

Safarini, Nidya Aqsal (2024) Perancangan Prototype Aplikasi Thriftshop Berbasis Mobile Mengunakan Metode Design Thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700016022_JUDUL__240718115531.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700016022_BAB_I__240718115531.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700016022_BAB_II__240718115531.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700016022_BAB_III__240718115531.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700016022_BAB_IV__240718115531.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700016022_BAB_V__240718115531.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700016022_DAFTAR_PUSTAKA__240718115531.pdf

Download (73kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat tidak terkecuali dalam industry pakaian. fashion industry di Indonesia memiliki pasar yang besar dan luas, Salah satu industri pakaian yang ikut mengalami perubahan setiap tahun adalah thrift shop. Trift shop menjadi sebuah tren baru yang menarik hati masyarakat. Tren ini mampu menarik minat masyarakat karena adanya keunikan yaitu karena harga yang dijual merupakan harga miring dengan kualitas yang masih bagus Penelitian ini bertujuan merancang prototype untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pembelian dan transaksi thrift shop secara online.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah design thinking. Metode Design thinking ini melibatkan serangkaian tahap yang dimulai dengan tahap empati untuk mendalami dan memahami masalah.Tahap define digunakan untuk mengidentifikasi secara lebih jelas permasalahan yang perlu dipecahkan. Tahap ideate merupakan langkah di mana ide-ide kreatif diperoleh melalui sesi brainstorming untuk mencari solusi. Setelah itu, dilakukan perancangan prototipe, dan tahap testing digunakan untuk menguji rancangan prototype.
Hasil pengujian prototipe dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata efektivitas mencapai 86%, mengindikasikan bahwa desain prototipe ini telah terbukti cukup baik dan efektif. Efisiensi pengukuran juga mencapai 76,72 detik, menunjukkan bahwa prototipe ini dapat dianggap cukup efisien dan mudah digunakan. Selain itu, berdasarkan skor System Usability Scale (SUS), prototipe ini memperoleh nilai 75,50%, yang dapat digolongkan dalam kategori good. Kesimpulannya Perancangan Prototype Aplikasi Thriftshop Berbasis Mobile Mengunakan Metode Design Thinking dapat membantu pengguna dalam mencari produk dan bertransaksi serta mencari rekomendasi dalam memadu madankan busana hasil thrifting.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Thrift shop, Thrifting, Prototype, Design Thinking
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Jun 2025 06:15
Last Modified: 14 Jun 2025 06:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84201

Actions (login required)

View Item View Item