Anjani, Dewi Maulidah Nur (2024) Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry dengan Classroom Experiment Berbantuan Microcomputer Based Laboratory (MBL) untuk Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T2_2108041013_JUDUL__240718081012.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T2_2108041013_BAB_I__240718081012.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB II)
T2_2108041013_BAB_II__240718081012.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T2_2108041013_BAB_III__240718081012.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T2_2108041013_BAB_IV__240718081012.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T2_2108041013_BAB_V__240718081012.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T2_2108041013_DAFTAR_PUSTAKA__240718081012.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T2_2108041013_LAMPIRAN__240718081012.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T2_2108041013_NASKAH_PUBLIKASI__240718081012.pdf Download (613kB) |
Abstract
Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, selain itu siswa merasa bosan dengan model pembelajaran ceramah. Dengan memanfatkan teknologi yang sudah berkembang diharapkan guru lebih membantu siswa dalam memahami topik-topik pelajaran fisika, dan dapat menghemat waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan guided inquiry dengan classroom experiment berbantuan Microcomputer Based Laboratory (MBL) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar dan kreativitas siswa yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry dengan classroom experiment berbantuan MBL dan siswa yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry
Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest-posttest dan kuisioner. Teknik Analisa yang digunakan dengan uji normalitas, uji korelasi untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar, dan uji beda dengan menggunakan uji nonparametrik untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan uji wilcoxon, dan perbedaan kreativitas dengan menggunakan uji mann-whitney pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selanjutnya untuk mengetahui perubahan peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan analisis stacking dengan bantuan perangkat lunak winstep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar dengan menggunakan uji stacking, hasil analisis dengan Logit Value of Person (LVP) yang measure melebihi 1 logit pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 36,1%, dan sebesar 56,7% pada kelas kontrol. Perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran pada kelas ekperimen dan kelas kontrol menunjukkan masing-masing nilai asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0> 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan penggunaan model pembelajaran pada kelas ekperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Guided Inquiry, Microcomputer Based Laboratory (MBL), Stacking, Hasil Belajar, Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 01:56 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 01:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |