Dondok, Andi Bintang Toar and Siregar, Chiqitita and Abadi, Mutiara Zahira and Ahmad Raihan Faaza, Wildan and Mohammad Farid, Hendianto (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI WEB DIGITALISASI PROFIL DAN KATALOG PRODUK CV PROGRESS JOGJA DENGAN FRAMEWORK NEXTJS. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)
| ![[thumbnail of Proposal_MPTI_Chronexa_Digital.pdf]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Proposal_MPTI_Chronexa_Digital.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | 
Abstract
Bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam 
perekonomian Indonesia, terutama dalam menjaga ketahanan pangan nasional 
dan melestarikan tradisi kuliner lokal. Salah satu UMKM CV Progress Jogja 
memproduksi makanan dan minuman berbahan dasar rempah dan umbi lokal 
yang berkualitas tinggi dan terstandarisasi. CV Progress Jogja telah menerima 
berbagai sertifikasi nasional dan internasional, termasuk PIRT, MD BPOM, Halal, 
dan ISO 9001. Selain itu, CV Progress Jogja mencatat berbagai prestasi dalam 
bidang wirausaha dan ketahanan pangan, termasuk penghargaan yang diberikan 
oleh Presiden Republik. 
Namun, CV Progress Jogja menghadapi tantangan dalam hal representasi online di 
tengah era digitalisasi. Informasi perusahaan dan katalog produk yang lengkap 
masih terbatas pada dokumen statis seperti presentasi. Ini membatasi 
kemungkinan ekspansi pasar, promosi di seluruh dunia, dan koneksi ke media 
digital kontemporer. Ketika perusahaan tidak memiliki "rumah digital" profesional, 
mereka tidak dapat berbicara tentang produk inovatif mereka kepada audiens yang 
lebih besar. 
Tujuan proyek ini adalah untuk menyelesaikan masalah ini dengan mendigitalisasi 
katalog produk CV Progress Jogja dan profilnya ke dalam sebuah aplikasi web yang 
kontemporer, interaktif, dan responsif. Dalam proyek ini, teknologi web 
kontemporer seperti NextJS, JavaScript, dan TypeScript akan digunakan untuk 
membuat platform yang akan berfungsi sebagai e-katalog dan alat branding yang 
kuat. Upaya ini diharapkan menjadi langkah awal strategis menuju pengembangan 
sistem informasi yang terintegrasi yang dapat digunakan untuk pemasaran, 
membangun kepercayaan konsumen, dan melakukan transaksi online di masa 
depan.
| Item Type: | Other | 
|---|---|
| Additional Information: | Management Tugas Proyek (MTP) | 
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) | 
| Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) | 
| Depositing User: | ANDI DONDOK | 
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:48 | 
| Last Modified: | 10 Sep 2025 01:48 | 
| URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/87339 | 
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | [error in script] | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
