PENGEMBANGAN APLIKASI WEB DIGITALISASI PROFIL DAN KATALOG PRODUK CV PROGRESS JOGJA DENGAN FRAMEWORK NEXTJS

Dondok, Andi Bintang Toar and Siregar, Chiqitita and Abadi, Mutiara Zahira and Ahmad Raihan Faaza, Wildan and Mohammad Farid, Hendianto (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI WEB DIGITALISASI PROFIL DAN KATALOG PRODUK CV PROGRESS JOGJA DENGAN FRAMEWORK NEXTJS. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Proposal_MPTI_Chronexa_Digital.pdf] Text
Proposal_MPTI_Chronexa_Digital.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam
perekonomian Indonesia, terutama dalam menjaga ketahanan pangan nasional
dan melestarikan tradisi kuliner lokal. Salah satu UMKM CV Progress Jogja
memproduksi makanan dan minuman berbahan dasar rempah dan umbi lokal
yang berkualitas tinggi dan terstandarisasi. CV Progress Jogja telah menerima
berbagai sertifikasi nasional dan internasional, termasuk PIRT, MD BPOM, Halal,
dan ISO 9001. Selain itu, CV Progress Jogja mencatat berbagai prestasi dalam
bidang wirausaha dan ketahanan pangan, termasuk penghargaan yang diberikan
oleh Presiden Republik.
Namun, CV Progress Jogja menghadapi tantangan dalam hal representasi online di
tengah era digitalisasi. Informasi perusahaan dan katalog produk yang lengkap
masih terbatas pada dokumen statis seperti presentasi. Ini membatasi
kemungkinan ekspansi pasar, promosi di seluruh dunia, dan koneksi ke media
digital kontemporer. Ketika perusahaan tidak memiliki "rumah digital" profesional,
mereka tidak dapat berbicara tentang produk inovatif mereka kepada audiens yang
lebih besar.
Tujuan proyek ini adalah untuk menyelesaikan masalah ini dengan mendigitalisasi
katalog produk CV Progress Jogja dan profilnya ke dalam sebuah aplikasi web yang
kontemporer, interaktif, dan responsif. Dalam proyek ini, teknologi web
kontemporer seperti NextJS, JavaScript, dan TypeScript akan digunakan untuk
membuat platform yang akan berfungsi sebagai e-katalog dan alat branding yang
kuat. Upaya ini diharapkan menjadi langkah awal strategis menuju pengembangan
sistem informasi yang terintegrasi yang dapat digunakan untuk pemasaran,
membangun kepercayaan konsumen, dan melakukan transaksi online di masa
depan.

Item Type: Other
Additional Information: Management Tugas Proyek (MTP)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: ANDI DONDOK
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:48
Last Modified: 10 Sep 2025 01:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/87339

Actions (login required)

View Item View Item