Hasil Peer Review Teman Sejawat " EKSPRESI PROTEIN p53 OLEH KRIM EKSTRAK ETANOL DAUN AWAR-AWAR PADA TIKUS BALB/C YANG DIPAPAR OLEH SINAR UV-C"

Hayu Nurani, Laela and Risandy, Rifqi thefandika and Pratama, Ninda Arga Rizki and Nuralfianti, Fitria and Rahmadani, Azmi and Zahra, Balqis Hanifa (2015) Hasil Peer Review Teman Sejawat " EKSPRESI PROTEIN p53 OLEH KRIM EKSTRAK ETANOL DAUN AWAR-AWAR PADA TIKUS BALB/C YANG DIPAPAR OLEH SINAR UV-C". Universitas Mohammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of 7.Hasil Review Ekspresi protein p53.pdf]
Preview
Text
7.Hasil Review Ekspresi protein p53.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daun awar-awar (Ficus septica Burm F) memiliki efek antikanker melalui mekanisme antiinflamasi dengan penghambatan COX-2. Kanker kulit di Indonesia termasuk peringkat ketiga (15%) jenis kanker terganas. Kanker kulit dipacu oleh penghambatan proliferasi protein p53 yang tidak terkendali serta pemacuan COX-2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah alkaloid tylophorine daun awar-awar mempunyai efek sebagai antikanker kulit melalui mekanisme penghambatan ekspresi protein p53. Ekstrak etanol daun awar-awar diperoleh dengan metode penyarian dengan menggunakan alat soxhlet. Penelitian ini menggunakan 30 ekor Tikus Balb/c jantan yang berumur 4-5 minggu yang dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan dan setiap kelompok terdapat 5 ekor tikus. Kelompok I kontrol sehat tanpa penyinaran, kelompok II hanya diberi sinar saja, kelompok III disinari dengan sinar UV-C kemudian diolesi krim (kontrol negatif), kelompok IV, V, VI disinari dengan sinar UV-C kemudian diolesi krim dengan konsentrasi 5%, 10%, dan 20%. Pengecatan immunohistokimia dengan metode tidak langsung dilakukan untuk memastikan adanya ekspresi protein p53. Krim ekstrak etanol daun awar-awar mempunyai efek sebagai antikanker kulit melalui mekanisme penghambatan ekspresi protein p53 yang dilihat dari menurunnya jumlah sel tidak mengekspresikan protein p53 pada Tikus Balb/c setelah dipapar sinar UV-C dibandingkan dengan kontrol basis. Krim ekstrak etanol daun awar-awar berbeda tidak bermakna dalam meningkatkan jumlah sel yang mengekspresikan protein p53. Kata kunci : Ficus septica Burm F., protein p53, imunohistokimia

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S2-Master of Pharmacy (S2-Farmasi)
Depositing User: Laela
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:20
Last Modified: 09 Nov 2018 06:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item