Perancangan Sensor Cerdas Multi Transducer Berbasis Piranti Diskrit

Muchlas, M (2009) Perancangan Sensor Cerdas Multi Transducer Berbasis Piranti Diskrit. [Experiment] (Unpublished)

[thumbnail of abstrak-penelitian-2009-muchlas.pdf] Text
abstrak-penelitian-2009-muchlas.pdf

Download (184kB)

Abstract

Ruang cerdas (smart space) saat ini telah menjadi kebutuhan hidup manusia. Keberadaan ruang cerdas di tengah hunian manusia akan memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi penghuninya. Salah satu elemen dari keberadaan ruang cerdas adalah sensor cerdas MICA mote berbasis integrated circuit yang telah didistribusikan ke lebih dari 250 group peneliti di seluruh dunia. Namun, bagi peneliti di Indonesia aksesibilitas terhadap piranti tersebut dirasa masih sangat rendah. Memperhatikan kenyataan tersebut, perlu dikembangkan rancangan sensor cerdas berbasis pada piranti diskrit agar dapat meningkatkan ketersediaan sensor cerdas bagi para peneliti maupun pengguna di Indonesia.
Bahan-bahan yang digunakan dalam perancangan ini adalah fotodiode, sensor suhu LM 35, strain gauge, unit mikrokontroler, konverter A/D dan unit radio. Oleh karena levelnya simulatif, bahan-bahan tersebut berbentuk model yang disediakan oleh perangkat lunak Circuit Maker. Langkah penelitian mencakup perancangan rangkaian sensing element suhu, cahaya dan regangan serta penentuan karakteristiknya. Tahap berikutnya adalah perancangan rangkaian konverter A/D dan pengujian karakteristiknya dalam mengakuisisi ketiga sensing element yang terpasang pada inputnya. Tahap akhir dari penelitian ini adalah melakukan pengujian transmisi wireless data serial dari sensor cerdas ke unit penerima.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensor cerdas multi transducer yang dirancang dapat melakukan akuisisi data analog menjadi digital dan memberikan karaktersitik yang sesuai dengan spesifikasi rancangan. Secara simulatif dapat ditunjukkan bahwa transmisi data oleh sensor cerdas dapat dilakukan secara serial dengan terlebih dahulu mengubah data digital hasil konversi oleh ADC menjadi data ASCII.

Kata kunci: ruang cerdas, sensor cerdas, multi transducer, piranti diskrit, MICA mote

Item Type: Experiment
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 22 Jul 2018 22:13
Last Modified: 22 Jul 2018 22:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item