INTERVENSI ERGONOMI FASILITASKERJA SORTASI BELUT MENINGKATKAN KUALITAS KESERAGAMANDAN OUTPUT

Budiyanto, Tri and Aziz, Mukhtar (2017) INTERVENSI ERGONOMI FASILITASKERJA SORTASI BELUT MENINGKATKAN KUALITAS KESERAGAMANDAN OUTPUT. [Artikel Dosen]

[thumbnail of INTERVENSI ERGONOMI FASILITASKERJA SORTASI BELUT MENINGKATKAN KUALITAS KESERAGAMANDAN OUTPUT.pdf] Text
INTERVENSI ERGONOMI FASILITASKERJA SORTASI BELUT MENINGKATKAN KUALITAS KESERAGAMANDAN OUTPUT.pdf

Download (361kB)

Abstract

Unit Usaha Kripik Belut Cita Rasa, Klaci II, Margoluwih, Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakartamerupakan industri pengolahan kripik belut. Proses pengolahan kripik belut melalui beberapa tahap pengolahan yaitu tahap sortasi, penyiangan belut, pencucian, penirisan setelah dicuci, penepungan dan penggorengan, penirisan setelah digoreng, dan pengemasan. Penelitian ini difokuskan pada tahap penyortiran belut, karena pada tahap ini proses sortasi dilakukan secara manual dengan waktu rata-rata 211 detik/9 kg (1 batch),hal ini juga mengakibatkan operator mengalami keluhan ketidaknyamanan pada bagian bahu,siku, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan punggung bawah.Penelitian menerapkan intervensiergonomi dan data antropometri pekerjauntuk menentukan ukuran fasilitas kerjasortasi , rancangan dan desain gambar menggunakan software SolidWorks 2008.Hasil penelitian menunjukkanwaktu proses sortasi sebelum intervensiadalah211 detik/batch dengan output sebanyak 114 kg/jam dan setelah intervensimenjadi42,03 detik/batch, dan outputsebanyak602 kg/jam.Output produksimengalami peningkatan sebanyak 488 kg/jam atau 432,7 %. Kelelahan yang dialami operator dariCukup Lelah 0,14 %, Lelah 0,96 % dan Sangat Lelah 0,71 % menjadi hanya Cukup Lelah sebesar 0,28 % dan keluhanoperator berkurang dari55,55 % menjadi 0 %.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Tri Budiyanto
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:14
Last Modified: 07 Aug 2018 02:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10885

Actions (login required)

View Item View Item