Sistem Kendali Soft-start Motor Induksi Tiga Fase Berbasis Mikrokontroler

Muchlas, M and Sutopo, Bambang (1998) Sistem Kendali Soft-start Motor Induksi Tiga Fase Berbasis Mikrokontroler. [Experiment] (Unpublished)

[thumbnail of abstrak-tesis-s2-muchlas.pdf]
Preview
Text
abstrak-tesis-s2-muchlas.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap unjuk kerja sistem kendali soft- start motor induksi tiga fase menggunakan algoritma ramp-up termodifikasi berbasis mikrokontroler M68HC11 dalam mereduksi arus pengasutan yang muncul pada saat motor melakukan start-up. Sampel yang digunakan
adalah motor induksi tiga fase yang memiliki rotor jenis sarang tupai (squirrel-cage), daya nominal 50 W, tegangan nominal 41,5 V, dan hubungan belitan stator dalam konfigurasi bintang. Variabel penelitian berupa nilai efektif arus stator sebagai variabel tergantung, dan waktu yang digunakan oleh motor dalam melakukan start-up sebagai variabel bebas. Data penelitian kedua variabel tersebut diukur menggunakan osiloskop perekam jenis PC-DSO (personal computer digital storage oscilloscope) untuk keadaan motor dicatu secara langsung (direct-on-line) maupun motor dikendalikan oleh sistem kendali soft-start dan disajikan dalam bentuk respons waktu arus stator. Untuk mengevaluasi unjuk kerja sistem kendali dalam mereduksi arus pengasutan, respons waktu arus stator untuk kedua keadaan tersebut diperbandingkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motor yang dikendalikan oleh sistem kendali soft-start dengan algoritma ramp-up termodifikasi memberikan arus pengasutan yang leblh kecil dibandingkan motor yang dicatu secara langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem kendali yang dibangun di dalam penelitian ini dapat mereduksi arus pengasutan secara memadai. Tingkat reduksi arus yang dapat dilakukan tergantung pada waktu starting motor yang dipilih. Waktu starting yang lama dapat memberikan tingkat reduksi yang baik. Untuk kondisi motor tanpa beban atau motor dengan beban sebagian, penggunaan algoritma ramp-up termodifikasi memberikan respons yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan ramp-up baku.

Item Type: Experiment
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:05
Last Modified: 14 Aug 2018 04:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item