LAPORAN KERJA PRAKTIK PELATIHAN CARA MENGGAMBAR OBJEK PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI SMP MUHAMMADIYAH SE– KOTA WONOSARI

Hadi, Saiful (2018) LAPORAN KERJA PRAKTIK PELATIHAN CARA MENGGAMBAR OBJEK PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI SMP MUHAMMADIYAH SE– KOTA WONOSARI. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of ISI LAPORAN KP.pdf] Text
ISI LAPORAN KP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dan informasi belajar. Media pembelajaran yang dirancang secara baik akan sangat membantu peserta didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. Di era globalisasi dan informasi ini, perkembangan media pembelajaran juga semakin maju. Penggunaan Teknologi Informasi (TI) sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan[1].
Dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran, perlu dikembangkan berbagai model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Hal ini perlu dilakukan agar proses pembelajaran tidak terkesan kurang menarik, monoton dan membosankan sehingga akan menghambat terjadinya transfer of knowledge. Oleh karena itu peran media dalam proses pembelajaran menjadi penting karena akan menjadikan proses pembelajaran tersebut menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan.
Pada hakikatnya proses pembelajaran merupakan proses komunikasi atau penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa materi pelajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi baik verbal (kata-kata dan tulisan) maupun non-verbal. Pesan inilah yang akan ditangkap oleh peserta didik sebagai sebuah pengetahuan, keterampilan maupun nilai-nilai yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Agar pesan tersebut tersampaikan secara efektif tentu membutuhkan sarana atau media yang memadai.
Proses belajar mengajar pada dasarnya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan bagian dari sumber belajar yang merupakan kombinasi antara perangkat lunak (bahan belajar) dan perangkat keras (alat belajar). Media pembelajaran merupakan alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu dalam kegiatan 

belajar mengajar yaitu berupa sarana unutk dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa dalam rangka mendorong motivasi belajar, memperjelas, dan mempermudah konsep materi pembelajaran.
Salah satu media pembelajaran yang banyak diterapkan pada saat ini adalah media pembelajaran berbasis komputer. Dalam media pembelajaran berbasis komputer tersebut berisi tentang konsep-konsep materi yang akan disampaikan, contoh soal, latihan soal sebagai pembimbing siswa agar lebih aktif, serta button yang menunjang interaksi siswa dengan media pembelajaran berbasis komputer.
Program animasi, grafik, teks, dan suara yang banyak diterapkan dalam membuat media pembelajaran adalah Macromedia Flash. Macromedia Flash merupakan gabungan konsep pembelajaran dengan teknologi audiovisual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Salah satu komonen penting di dalam Macromedia Flash yaitu adanya objek untuk menunjang interaksi antara pengguna dengan media pembelajaran berbasis komputer. Objek merupakan gambar yang memiliki fungsi sebagai penghubung interaksi antara pengguna.
Namun di zaman serba teknologi seperti saat ini, para guru masih menggunakan metode ceramah dalam berinteraksi dengan siswanya dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti yang dilakukan oleh guru di SMP Muhammadiyah Se-Kota Wonosari di bawah ruang lingkup Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul. Para guru tersebut melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah tanpa menggunakan teknologi media pembelajaran berbasis komputer. Hal ini disebabkan ada guru yang belum mengerti bagaimana cara membuat media pembelajaran berbasis komputer. Dikarenakan keterbatasan pengetahuan tentang Macromedia Flash, sehingga tidak dapat dengan cepat dalam memahami dan mempelajari cara penggunaan Macromedia Flash serta menanamkan pemikiran lebih mudah mengajar menggunakan buku dari pada harus membuat media pembelajaran.
Dalam mengatasi masalah-masalah yang ada pada guru di SMP Muhammadiyah Se-Kota Wonosari, kabupaten Gunungkidul, maka perlu di adakan pelatihan pelatihan media pembelajaran SMP Muhammadiyah Se-Kota Wonosari dimana pemateri memberi materi tentang cara menggambar objek pada media membelajaran berbasis TIK dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah Se-Kota Wonosari, kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Other
Additional Information: Kerja Proyek (KP)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: saiful hadi
Date Deposited: 07 Aug 2021 04:08
Last Modified: 07 Aug 2021 04:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11035

Actions (login required)

View Item View Item