Hubungan Antara Umur dan Masa Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Laundry

Sari, Erna Novita and Handayani, Lina and Saufi, Azidanti (2017) Hubungan Antara Umur dan Masa Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Laundry. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 13 (2). pp. 183-193. ISSN 2549-6883

[thumbnail of 20. Hubungan_Antara_Umur_dan_Masa_Kerja_dengan_Keluhan.pdf]
Preview
Text
20. Hubungan_Antara_Umur_dan_Masa_Kerja_dengan_Keluhan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyakit akibat kerja yang dapat muncul sewaktu-waktu adalah Musculoskeletal Disorders (MSDs). Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) adalah keluhan pada bagian otot skeletal yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan yang sangat ringan sampai sangat sakit. Musculoskeletal Disorders (MSDs) dapat dipengaruhi beberapa faktor yang terdiri dari umur, masa kerja, dan sikap kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara umur dan masa kerja keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada pekerja Laundry di Jalan Prof. Dr. Soepomo Janturan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Cross Sectional. Responden merupakan pekerja laundry di Jalan Prof. Dr. Soepomo Janturan Yogyakarta yang berjumlah 35 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Nordic Body Map. Analisis bivariat dengan uji statistik Chi Square dan uji alternatifnya yaitu uji Fisher. Responden yang mengalami keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) lebih banyak yaitu 22 responden (62,9%). Responden yang berumur >30 tahun lebih banyak yaitu 20 responden (57,1%). Responden yang memiliki masa kerja <5 tahun lebih banyak yaitu 30 responden (85,8%). Ada hubungan antara umur dengan keluhan MSDs dengan nilai p= 0,005 < α (0,05) dan tidak ada hubungan antara masa kerja dengan keluhan MSDs dengan nilai p= 0,630 > α (0,05). Ada hubungan antara umur dengan keluhan MSDs namun tidak ada hubungan antara masa kerja dengan keluhan MSDs.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Musculoskeletal Disorders (MSDs), umur, masa kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: M.Kes.Ph.D Lina Handayani
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:59
Last Modified: 21 Nov 2018 02:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item