PENGARUH INTENSITAS IBU MEMBACAKAN DONGENG TERHADAP PERILAKU BAIK ANAK

Puspitasari, Cindi Ambar and Islamiyah, Roudlotul and Umami, Yuniarta Syarifatul (2018) PENGARUH INTENSITAS IBU MEMBACAKAN DONGENG TERHADAP PERILAKU BAIK ANAK. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas”. pp. 37-41. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Cindi Ambar Puspitasari, Roudlotul Islamiyah, Yuniarta Syarifatul Umami.pdf] Text
Cindi Ambar Puspitasari, Roudlotul Islamiyah, Yuniarta Syarifatul Umami.pdf

Download (759kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan desain Regresi. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh intensitas ibu membacakan dongeng terhadap
perilaku baik anak. Ibu sebagai bagian dari keluarga yang merupakan lingkungan terdekat anak memiliki peran
sangat penting dalam membentuk karakter anak dengan membacakan dongeng. Dongeng merupakan media untuk
bercerita yang didalamnya terdapat pesan moral sebagai bekal bagi kehidupan anak di masa depan. Subjek dalam
penelitian ini adalah 62 ibu dan anak yang terdiri dari anak yang usia 4-6 tahun atau anak usia Taman Kanakkanak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, angket, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan analisis data
regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel dan p value (sig) sebesar 0,000 (<0,05)
artinya Ho ditolak dan Ha tidak ditolak (diterima). Berdasarkan hasil tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh
intensitas ibu memberikan dongeng terhadap perilaku baik anak.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:50
Last Modified: 28 Jun 2019 02:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item