URGENSI PROGRAM PARENTING DI LEMBAGA PAUD

Fitria, Nila (2018) URGENSI PROGRAM PARENTING DI LEMBAGA PAUD. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas”. pp. 112-118. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Nila Fitria.pdf] Text
Nila Fitria.pdf

Download (639kB)

Abstract

Program parenting merupakan bagian penting dari pendidikan keluarga terutama orang tua. Keluarga
sebagai “tri centra“ pendidikan selain sekolah dan masyarakat menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan
dalam perkembangan anak. Berdasarkan UU No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, bahwa pendidikan
dan pengasuhan perlu diberikan kepada anak sejak masa kehamilan,kelahiran, sampai remaja. Kenyataannya,
masih banyak orang tua yang belum memiliki pengetahauan dan keterampilan dan mengasuh dan mendidik
anak. Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Nonformal, dan Informal tahun 2014 menetapkan kebijakan untuk melaksanakan program Penyelenggaraan
Pendidikan Keorangtuaan di setiap lembaga PAUD. Berdasarkan kebijakan itu peneliti berupaya untuk
melakukan studi tentang urgensi program parenting di lembaga PAUD. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode deskriptif- kualitatif, dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dengan sumber data guru TK, guru RA, guru PAUD, kepala TK, kepala RA, dan pengelola
PAUD. Sementara analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Penelitian
dilakukan di lembaga PAUD di kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Hasil penelitian diketahui bahwa masih
banyak lembaga PAUD yang belum optimal dalam melaksanakan program parenting.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:54
Last Modified: 28 Jun 2019 02:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13512

Actions (login required)

View Item View Item