EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DI SD NEGERI WIROSABAN KOTA YOGYAKARTA

Satrianawati, Satrianawati and Indriani, Fitri (2018) EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DI SD NEGERI WIROSABAN KOTA YOGYAKARTA. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 139-145. ISSN 655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Satrianawati, Fitri Indriani.pdf] Text
Satrianawati, Fitri Indriani.pdf

Download (717kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi program bertujuan untuk mengukur tingkat
kesesuaian penyelenggaraan pendidikan inklusi berbasis nilai-nilai pancasila di SD Negeri Wirosaban Kota
Yogyakarta. Data diperoleh dengan menggunakan angket. Objek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan inklusi di SD Negeri Wirosaban Yogyakarta
dapat dikatakan sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Hal ini dikarenakan penerapan tiga sila pancasila pada aspek
input, proses dan out put berada pada kategori sangat baik dan baik dengan skor tertinggi. Sebagaimana dapat
dilihat pada angket yang didisi oleh kepala sekolah, penerapan sila pertama dari aspek input 81,48% baik, proses
84,62% baik dan output 100% sangat baik. Penerapan sila kedua aspek input 56,82% baik, proses 67,5% baik.
Untuk kategori output 100% sangat baik. Penerapan sila kelima kategori input 94% baik, proses 75% baik, output
100% sangat baik. Adapun hasil pengisian angket oleh guru pada penerapan pancasila sila pertama menunjukkan
aspek input 74,07% sangat baik, proses 69,23% sangat baik dan output 60% kriteria baik. Penerapan sila kedua
kategori input 77,27% sangat baik, proses 77,5% sangat baik, output 100% cukup baik. Penerapan sila kelima
dari aspek input 84% baik, proses 70% baik, output 25% baik.
Kata kunci: Pendidikan inklusi dan nilai pancasila

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:44
Last Modified: 28 Jun 2019 02:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item