Ahdati, Faizatuzzahara (2019) KORELASI ANTARA SPIRITUAL QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 NGAGLIK. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text
T1_1500031091_Fulltext.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Korelasi antara Spiritual Quotient dengan Prestasi
Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngaglik, Skripsi, Yogyakarta :
Universitas Ahmad Dahlan, 2019.
Di zaman sekarang ini, pendidik baik orang tua maupun guru banyak yang
lupa untuk mendidik anaknya agar cerdas secara spiritual karena kebanyakan dari
mereka lebih mendidik anaknya untuk cerdas secara intelektualnya saja. Padahal
kecerdasan spiritual ini sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual bahkan
dinilai sebagai kecerdasan tertinggi dari semua kecerdasan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kondisi SQ dan prestasi belajar PAI serta mengetahui
korelasi antara SQ dengan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP Negeri
2 Ngaglik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis ex-post facto.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngaglik
dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan
diperoleh sejumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
/kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
Statistik non parametrik dengan melakukan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat korelasi yang positif antara
spiritual quotient dengan prestasi belajar PAI. Hal ini diketahui melalui perolehan
hasil yang didapat dengan nilai p-value = 0,000 yang berarti p-value < α (0,05)
sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | publikasi uad |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 08:24 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 08:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14312 |
Actions (login required)
View Item |