HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GALUR

-, Sartana (2019) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GALUR. Masters thesis, Universitas Ahmad Dahalan.

[thumbnail of T2_1508044084_NASKAH_PUBLIKASI__190822024944.pdf]
Preview
Text
T2_1508044084_NASKAH_PUBLIKASI__190822024944.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru taman kanak-kanak di kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini mengambil lokasi di Ikatan Guru Taman kanak-kanak Indonesia (IGTKI) kecamatan Galur dengan jumlah populasi 85. Metode pengumpulan data menggunakan skala kinerja guru, kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi dengan kinerja guru dengan F sebesar 44,962 dan p = 0,00 (p < 0,05). Kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru nilai t sebesar 3,273 dengan p = 0,02 (p < 0,05). Budaya organisasi dengan kinerja guru nilai t sebesar 4,004 dan p = 0,00 (p < 0,05). Dari analisis ini diperoleh hasil Adjusted R Square sebesar 0,523 (52,3%). Budaya organisasi merupakan variabel yang memberikan kontribusi terbesar dengan kinerja guru dengan koefisien 0,292 dengan kata lain sumbangan efektifnya sebesar 29,2%, diikuti oleh Kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru sebesar 0,231 (23,1%). Sumbangan efektif kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru sebesar 52,3%, sedangkan 47,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada peran positif kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi dengan kinerja guru, semakin tinggi kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi, maka semakin tinggi pula kinerja guru, dan semakin rendah kepemimpinan transformasional dan budaya organisai maka semakin rendah pula kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:34
Last Modified: 04 Sep 2019 07:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14471

Actions (login required)

View Item View Item