LAPORAN KKN REGULER 73 DIVISI II.D.2 ABEAN, AMBALKLIWONAN, AMBAL, KEBUMEN,

Fadhilah, Ummul and Bahri, As Adul and Rakhmatullah, Riyan and Fachriza, Rifqi Nanda and Aryatama, Adimas Nugraha and Rahmawati, Dinda and Susanti, Yuli and Nufus, Arini Ghoniyyun (2019) LAPORAN KKN REGULER 73 DIVISI II.D.2 ABEAN, AMBALKLIWONAN, AMBAL, KEBUMEN,. [Laporan KKN]

[thumbnail of Cover, Lembar Pengesahan_II.D.2_2019_REGULER 73.pdf]
Preview
Text
Cover, Lembar Pengesahan_II.D.2_2019_REGULER 73.pdf

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_II.D.2_2019_REGULER 73.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_II.D.2_2019_REGULER 73.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di dusun Abean terjadi problematika yang berkaitan dengan bidang ekonomi dan juga pendidikan. Dalam bidang ekonomi, masyarakat sudah mampu memproduksi bahan mentah menjadi makanan, akan tetapi masyarakat mengalami beberapa kesulitan. Masyarakat kesulitan dalam hal pemasaran produk sehingga masyarakat belum mampu mengangkat dan mengembangkan produktifitas serta harga jual produk tersebut. Dalam bidang pendidikan, sebagian masyarakat hanya menempuh pendidikan sampai di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Sedangkan dalam hal pendidikan non formal (TPA) dusun Abean belum terlaksana secara maksimal.
Tujuan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di dusun Abean mempunyai fokus pemberdayaan di bidang keagamaan, pendidikan, dan juga ekonomi. Dimana ketiga hal tersebut merupakan hal yang sangat mendasar untuk memberdayakan masyarakat yang nantinya akan bermanfaat baik dalam urusan keduniaan maupun yang berkaitan dengan sang Ilahi.
Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan cara melakukan penyadaran agar masyarakat sadar akan potensi yang dimiliki dan pemdampingan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. Diharapkan dengan adanya hal tersebut, mampu mengubah mindset masyarakat yang semula belum mempunyai keberanian untuk memasarkan potensi secara lebih luas. Selain itu, masyarakat bisa memajukan daerahnya sendiri, terutama memajukan dalam hal ekonomi masyarakat setempat.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Arini Ghoniyyun Nufus
Date Deposited: 09 Sep 2019 06:42
Last Modified: 09 Sep 2019 06:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14625

Actions (login required)

View Item View Item