Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Scientific Approach Pada Materi Perubahan Lingkungan Siswa Kelas X MIA Di SMA Negeri Se Kecamatan Ngaglik

Wulandari, Desi (2019) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Scientific Approach Pada Materi Perubahan Lingkungan Siswa Kelas X MIA Di SMA Negeri Se Kecamatan Ngaglik. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500008138_Naskah Publikasi.pdf]
Preview
Text
T1_1500008138_Naskah Publikasi.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan pembelajaran biologi

berbasis scientific approach pada materi perubahan lingkungan siswa kelas X MIA di SMAN se-
Kecamatan Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Model evaluasi yang

digunakan adalah Countenance Stake. Subyek penelitian adalah guru biologi kelas X. Teknik
pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar
observasi. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan instrumen berskala Likert.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1). Perangkat pembelajaran biologi yang dikembangkan
guru kelas X MIA di SMAN se-Kecamatan Ngaglik sudah memuat scientific approach. 2).
Kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Ngaglik memperoleh persentase kegiatan pendahuluan 79,16
% dikategorikan “baik ”, kegiatan inti 86,25% dikategorikan “sangat baik”, dan kegiatan penutup
87,5 % dikategorikan “sangat baik”. Sedangkan di SMAN 2 Ngaglik memperoleh persentase
kegiatan pendahuluan 73,61% dikategorikan “baik”, kegiatan inti 78,33%, dan kegiatan penutup
75% dikategorikan “baik”. 3). Hasil belajar biologi siswa kelas X MIA berbasis scientific
approach di SMAN se-Kecamatan Ngaglik yaitu SMAN 1 Ngaglik memperoleh 73,33% siswa
yang mencapai KKM dan 26,67% siswa yang belum mencapai KKM. Sedangkan SMAN 2
Ngaglik memperoleh 74,19% siswa yang mencapai KKM dan 25,81% siswa yang belum
mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:47
Last Modified: 24 Sep 2019 03:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14832

Actions (login required)

View Item View Item