Rahmawati, Desi (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DI TK ABA AL WAFA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Preview |
Text
T1_1500002001_Naskah Publikasi.pdf Download (487kB) | Preview |
Abstract
Sentra persiapan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung anak. Pada penerapanya sentra persiapan memiliki tekanan yang cukup besar dari pada sentra lainya. Untuk melihat kesuksesan pembelajaran dapat dilihat melalui sejauh mana pembelajaran dapat mempengaruhi perilaku anak. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran sentra persiapan di TK ABA Al Wafa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Guru sentra persiapan dan Kepala Sekolah TK ABA Al Wafa Yogyakarta. Sedangkan untuk obyek penelitian adalah langkah pembelajaran sentra persiapan di TK ABA Al Wafa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa penerapan pembelajaran sentra persiapan di TK ABA Al Wafa menyediakan kegiatan main yang tidak terlalu fokus pada tiga jenis main (sensorimotor, main peran, dan pembangunan). Namun secara keseluruhan sekolah terus melakukan pengembangan pada metode belajar yang digunakan tersebut. Sehingga memang terdapat beberapa modifikasi seperti penggabungan kegiatan pembukaan dan sentra imtaq di pagi hari.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | publikasi uad |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 02:48 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 02:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14834 |
Actions (login required)
View Item |