IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN ORAL ACTIVITIES DAN KEMAMPUAN C1-C3 SISWA KELAS VIII D PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMPN 2 GAMPING

Tuhuteru, Fajaria and Susilo, M.Pd., Dr. H.M., Joko (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN ORAL ACTIVITIES DAN KEMAMPUAN C1-C3 SISWA KELAS VIII D PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMPN 2 GAMPING. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of TI_1500008041_ NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
TI_1500008041_ NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran
di kelas VIII D SMPN 2 Gamping yaitu oral activities dan kemampuan C1-C3 siswa masih
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan oral activities dan kemampuan
C1 – C3 siswa kelas VIII D SMPN 2 Gamping melalui implementasi strategi pembelajaran
aktif peer lessons.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus
dengan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Penelitian dilakukan pada bulan April
2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 2 Gamping yang berjumlah 32
siswa. Objek penelitian ini adalah oral activities dan kemampuan C1-C3 siswa pada materi
sistem ekskresi melalui implementasi strategi pembelajaran aktif peer lessons. Teknik
pengumpulan data berupa observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar
observasi kegiatan guru dan oral activities serta soal test essay 5 soal. Analisis data
menggunakan analisis deskripstif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi strategi pembelajaran aktif
peer lessons pada siklus I terkait oral activities diperoleh sebesar 4,76 % meningkat menjadi
60,41 % pada siklus II. Hasil belajar siswa dari perolehan post test pada siklus I diperoleh
sebesar 52,78 % mengalami peningkatan sebesar 72,37 % pada siklus II. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan melalui implementasi
strategi pembelajaran aktif peer lessons dapat meningkatkan oral activities dan kemampuan
C1 – C3 siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Oral activities, Pembelajaran Aktif, Peer lessons, kemampuan C1-C3, sistem ekskresi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 25 Sep 2019 06:02
Last Modified: 25 Sep 2019 06:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14850

Actions (login required)

View Item View Item