PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LAJUR BATA (LANGKAH JUARA BANGUN DATAR) UNTUK MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Dwi Astuti, Rini and Ulfah, Amaliyah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LAJUR BATA (LANGKAH JUARA BANGUN DATAR) UNTUK MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500005330_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500005330_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pada materi
keliling dan luas bangun datar kelas 4 Sekolah Dasar. Siswa merasa kesulitan dalam
menghitung dan mengaplikasikan rumus padahal materi bangun datar penting untuk
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu adanya pengembangan media agar
siswa lebih mudah untuk memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan, (1) langkah-langkah pengembangan media permainan Lajur Bata, (2)
kelayakan pengembangan media permainan Lajur Bata oleh para ahli, (3) respon siswa
terhadap pengembangan media permainan Lajur Bata.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan
model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 7 tahapan yaitu penelitian dan
pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal,
revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan revisi hasil uji coba lapangan.
Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Karangploso sebanyak 10
siswa dan 34 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian, angket, dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Pengembangan media permainan Lajur Bata ini terdiri dari 5 langkah yaitu mencari
materi, membuat desain media, mencari alat dan bahan, membuat media, dan validasi ahli.
Hasil penelitian menunjukkan media permainan Lajur Bata untuk materi keliling dan luas
bangun datar siswa kelas 4 sekolah dasar layak digunakan. Penilaian menurut ahli media
mendapat rata-rata 4,12 (Baik), ahli materi mendapat rata-rata 3,9 (Baik), dan ahli
pembelajaran mendapat rata-rata 3,5 (Baik). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan
awal mendapat jumlah presentase 95% (Sangat Baik), uji coba lapangan mendapat jumlah
presentase 96,32% (Sangat Baik). Respon siswa terhadap media permainan Lajur Bata
yang dikembangkan sangat baik dan positif dari siswa bahwa media permainan Lajur Bata
sangat menarik dan membantu mereka dalam belajar matematika khususnya pada materi
keliling dan luas bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Media, Lajur Bata, Bangun Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:18
Last Modified: 27 Sep 2019 04:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14878

Actions (login required)

View Item View Item