PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING

Ulhusna, Firda (2019) PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of T1_1500029065_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029065_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (454kB)

Abstract

Latar Belakang: Pengelolaan limbah medis padat diatur dalam Peraturan Kepmenkes RI No. 1204 Tahun 2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, dimana proses pengelolaan limbah meliputi pemilahan, penampungan, pengangkutan dan daur ulang. Limbah medis yang tidak dikelola dengan benar dapat mencemari lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Limbah Medis Padat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RS PKU Muhammadiyah Gamping.
Metode: Penelitian ini menggunakan analisa kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian 1 orang Kepala Sanitasi, 1 orang Pegawai Sanitasi, dan 4 orang petugas kebersihan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. 1 orang Kepala Sanitasi dan 1 orang Pegawai Sanitasi, 4 orang petugas kebersihan RS PKU Muhammadiyah Gamping. Instrumen Penelitian yaitu Wawancara, dan observasi.
Hasil penelitian: Sistem pengelolaan limbah padat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RS PKU Muhammadiyah Gamping mengacu pada Peraturan KepMenkes RI No. 1204 tahun 2004 namun pada saat dilapangan masih ditemukan beberapa kekurangan dalam pengelolaan limbah medis yaitu Penggunaan APD yang belum lengkap oleh cleaning service, limbah yang tercecer pada saat pengangkutan, troli yang tidak memiliki tutup, penumpukan sampah di TPS karena keterlambatan pengangkutan oleh pihak ketiga.
Kesimpulan: Sistem Pengelolaan limbah medis padat di RS PKU Muhamadiyah Yogyakarta dan RS PKU Muhammadiyah Gamping sudah sesuai dengan Peraturan Kepmenkes No 1201/MENKES/SK/X/2004 tentang persyaratan kesehatan lingkungan rumah sakit. Pengelolaan limbah medis harus diperhatikan secara maksimal agar dapat mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan.

Kata Kunci: B3, Limbah, Medis, Padat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:59
Last Modified: 27 Sep 2019 07:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14898

Actions (login required)

View Item View Item