Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Puspita Dewi, Atika (2019) Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500007063_Naskah Publikasi.pdf]
Preview
Text
T1_1500007063_Naskah Publikasi.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Para siswa yang hidup di era ini haruslah memiliki keterampilan abad 21 agar dapat bersaing, bukan hanya dengan rekan sebangsanya, tetapi juga rekan seusianya dari negara lain. Keterampilan abad 21 ini meliputi keterampilan dalam literasi era digital, berpikir kritis, komunikasi yang efektif, dan produktivitas yang tinggi. Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta guru belum menggunakan bahan ajar berbasis STEM serta sebagian siswa masih kesulitan dalam memahami materi usaha dan energi. Selain itu juga belum terdapatnya alat peraga pada materi usaha dan energi sehingga membuat guru hanya menggunakan alat-alat yang berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis STEM pada materi Usaha dan Energi terhadap peningkatan Kemampuan berfikir kritis siswa dan Untuk mengetahui perbandingan kelas eksperimen menggunakan Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis STEM dengan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.
Subjek dari penelitian ini adalah Siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang berada di kelas X MIA 1 dan X MIA 2 tahun ajaran 2018/2019. Objek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa. Metode yang digunkan adalah metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes dengan memberikan butir soal. Instrumen yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis STEM, Silabus, LKPD berbasis STEM, dan Butir soal posttest pretest. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji wilcoxson, uji mann whitney, dan uji gain skor. Kriteria kesuksesan penelitian ini adalah dengan melihat keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa.
Hasil Penelitian dapat dilihat dari Besarnya peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan LKPD berbasis STEM pada materi usaha dan energi didapatkan hasil dari analisis statistik adalah sebagai berikut untuk kelas eksperimen yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM didapatkan nilai rata-rata atau mean dari pretest adalah 47 sedangkan untuk hasil nilai rata-rata atau mean dari posttest adalah 75. Untuk kelas Kontrol yang menggunakan metode Konvensional didapatkan nilai rata-rata atau mean dari pretest adalah 48 sedangkan untuk hasil nilai rata-rata atau mean dari posttest adalah 57. Hasil uji wilcoxson untuk kelas eksperimen didapatkan hasil asymp.sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sedangkan untuk kelas kontrol didapatkan hasil asymp.sig.(2-tailed) adalah 0,126 > 0,05. Hasil uji mann whitney untuk kelas eksperimen dan kontrol didapatkan hasil asymp.sig.(2-tailed) adalah 0,005 < 0,05. Dari analisis statistik tersebut dapat dikatakan bahwa pada kelas eksperimen terdapat peningkatan yang signifikan sedangkan pada kelas kontrol terlihat bahwa tidak terdapat peningkatan yang signifikan. Dari hasil tersebut maka didapatkan hasil analisis gains skor sebesar 0,53 untuk kelas eksperimen dan 0,2 untuk kelas kontrol, maka dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berfikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,53 dengan kategori sedang dan untuk kelas kontrol dengan kategori rendah sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis STEM pada materi usaha dan energi lebih cocok digunakan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 08:31
Last Modified: 28 Sep 2019 08:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14989

Actions (login required)

View Item View Item