ANALISIS CAMPUR KODE PADA TAYANGAN SINETRON KOMEDI “TUKANG OJEK PENGKOLAN” EPISODE BULAN MARET-APRIL

Aisyah, Novita (2019) ANALISIS CAMPUR KODE PADA TAYANGAN SINETRON KOMEDI “TUKANG OJEK PENGKOLAN” EPISODE BULAN MARET-APRIL. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500025022_Naskah Publikasi.pdf]
Preview
Text
T1_1500025022_Naskah Publikasi.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya campur kode dalam pengenalan ragam bahasa kepada masyarakat luas dan bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk unsur lingual campur kode, fungsi campur kode serta untuk mengetahui unsur bahasa yang digunakan dalam berlangsungnya campur kode pada Tayangan Sinetron Komedi “ Tukan Ojek Pengkolan ”.
Subjek penelitian adalah tayangan sitkom Tukang Ojek Pengkolan selama bulan Maret-April 2019 yang tayang setiap sore di RCTI. Objek penelitian ini adalah campur kode yang terjadi dalam suatu tayangan sitkom. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode simak, rekam dan catat serta instrumen penelitian ini menggunakan alat bantu yaitu kartu data.
Hasil penelitian mengenai campur kode dalam tayangan sinetron komedi Tukang Ojek Pengkolan episode bulan Maret-April 2019 diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Bentuk campur kode yang berbentuk unsur lingual berupa jenis kata (kata benda, kata kerja, dan kata sifat), frase, idiom dan klausa. (2) Fungsi campur kode yaitu (a) untuk penghormatan, (b) untuk menunjukan identitas diri, (c) untuk menegaskan maksud tertentu, (d) untuk meningkatkan status sosial atau gengsi dan (e) untuk menciptakan suasana tutur yang lebih santai/lebih akrab. (3) Unsur bahasa yang sering digunakan dalam terjadinya campur kode pada tayangan sitkom tersebut yaitu terdapat bahasa Jawa, Sunda, Betawi, Inggris dan Arab.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-Indonesian Letters (S1-Sastra Indonesia)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 08:33
Last Modified: 28 Sep 2019 08:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item View Item