PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN MENURUT CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORMS OF DISCRIMINATION AGAINST WOMEN (CEDAW) 1979 DI KOREA UTARA

Hasanah, Putri Uswatun (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN MENURUT CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORMS OF DISCRIMINATION AGAINST WOMEN (CEDAW) 1979 DI KOREA UTARA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500024081_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500024081_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap perempuan dan implementasi Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (CEDAW) di Korea Utara. Pada dasarnya Negara serta Organisasi Internasional memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlindungan hukum terhadap perempuan yang mengalami diskriminasi atau kekerasan dilingkungannya.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif, yaitu mengkaji peraturan dan undang-undang dalam hukum internasional yang bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap perempuan akibat diskriminasi dan kekerasan seksual di Korea Utara. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data sekunder, yaitu data yang berasal dari sumber kepustakaan, jurnal, tesis, dan artikel. Selain itu terdapat bahan hukum yang digunakan, yaitu bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik penelitian yang dilakukan berdasarkan kepustakaan (Library Research).
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan bahwasannya masih banyak terjadi pelanggaran dan diskriminasi terhadap perempuan. Pada khsusnya kekerasan seksual dan perdagangan perempuan. Perdagangan dan ekspoitasi prostitusi terhadap perempuan sudah diatur dalam Pasal 6 Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (CEDAW). Korea Utara merupakan negara yang sangat tertutup dan independen, negara ini berpegang pada ideologi Juche yang menerapkan kemandirian terhadap negaranya. Organisasi internasional belum bisa memberikan perlidungan hukum terhadap korban diskriminasi di Korea Utara secara maksimal. Implementasi terhadap CEDAW di Korea Utara juga dianggap belum efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 07 Oct 2019 01:58
Last Modified: 07 Oct 2019 01:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15132

Actions (login required)

View Item View Item