PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MATERI ENERGI KINETIK

Muyassarah, Afipah (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MATERI ENERGI KINETIK. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500007031_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500007031_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (383kB)

Abstract

Instrumen penelitian kemampuan motorik siswa pada pembelajaran fisika berbasis
STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) untuk materi energi kinetik masih
belum banyak ditemukan. Kurangnya instrumen penilaian motorik yang digunakan dalam proses
evaluasi dalam pembelajaran mengakibatkan guru hanya berfokus pada penilaian kognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan motorik siswa serta
mengetahui kelayakan instrumen penialaian dalam pembelajaran berbasis STEM (Science,
Technology, Engineering and Mathematic) untuk materi energi kinetik.
Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Boarding School
Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D),
yang mengacu pada model 4-D. Tahapan penelitian hanya dilakukan dalam tiga tahapan yaitu
Pendefinisian (Define), Perancangan (Design) dan Pengembangan (Develop). Teknik Pengumpulan
data berupa lembar angket validasi, lembar angket respon pengguna, dan lembar observasi. Analisis
data menggunakan data kuantitatif.
Dalam proses penelitian dilakukan validasi ahli terhadap instrumen, dan instrumen tahap uji
coba dengan instrument yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja
peserta didik, dan instrumen penilaian kemampuan motorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan
instrumen yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai intrumen dalam penilaian
hasil kemampuan motorik siswa. Berdasarkan penilaian dari dua ahli dan satu guru, instrumen
mendapat kategori sangat layak dengan persentase 83,33%. Sehingga intrumen penilaian
kemampuan motorik pada pembelajaran fisika berbasis STEM untuk materi energi kinetik dapat
digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:18
Last Modified: 09 Oct 2019 06:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15244

Actions (login required)

View Item View Item