HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, JENIS KELAMIN, DAN USIA DOSEN DENGAN VOLUME SAMPAH KERTAS DI KAMPUS II UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Irjayanti, Azizah and Asti Mulasari, Surahma (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, JENIS KELAMIN, DAN USIA DOSEN DENGAN VOLUME SAMPAH KERTAS DI KAMPUS II UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029105_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029105_NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)

Abstract

Latar Belakang: Perguruan tinggi merupakan tempat yang memiliki potensi produksi sampah kertas tertinggi. Kertas yang setiap hari digunakan dosen adalah kertas hvs putih, kertas tissue, kertas amplop, kertas pembungkus makanan, kertas koran, dan kertas buku. Dosen menggunakan kertas-kertas untuk membaca artikel, atau informasi lainnya yang terbaru paada majalah atau koran. Contoh lain dalam penggunaan kertas dosen ialah memberikan soal-soal ujian kepada mahasiswa, administrasi kampus lainnya seperti surat-menyurat, serta dokumen-dokumen penting juga menggunakan kertas hvs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap, jenis kelamin, dan usia dosen dengan volume sampah kertas di Kampus II Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah dosen pascasarjana kampus II Universitas Ahmad Dahlan yang berjumlah 40 dosen. Instrument penelitian yaitu kuesioner dan checklist. Analisis data dengan analisis univariat dan analisis bivariat.
Hasil: Analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dosen pascasarjana dengan volume sampah kertas di kampus II Universitas Ahmad Dahlan p value = 0,000, ada hubungan antara sikap dosen pascasarjana dengan volume sampah kertas di kampus II Universitas Ahmad Dahlan p value 0,031, tidak ada hubungan antara jenis kelamin dosen pascasarjana dengan volume sampah kertas di kampus II Universitas Ahmad Dahlan p value 0,281, tidak ada hubungan antara usia dosen pascasarjana dengan volume sampah kertas di kampus II Universitas Ahmad Dahlan.
Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dosen dengan volume sampah kertas di kampus II Universitas Ahmad Dahlan. Tidak ada hubungan antara jenis kelamin dan usia dosen dengan volume sampah kertas di kampus II Universitas Ahmad Dahlan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:08
Last Modified: 27 Oct 2019 01:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15268

Actions (login required)

View Item View Item