KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MUHAMMADIYAH KENTENG DAN MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO

Mu'alim, Benny (2019) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MUHAMMADIYAH KENTENG DAN MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO. Masters thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T2_1707046020_NASKAH_PUBLIKASI__191008104428.pdf] Text
T2_1707046020_NASKAH_PUBLIKASI__191008104428.pdf

Download (308kB)

Abstract

Abstrak: Tuntutan mutu pendidikan di madrasah harus selalu ditingkatkan. Pelaksanaan pendidikan madrasah diperlukan manajerial kepala madrasah yang memadai dan didukung oleh kinerja guru yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Muhammadiyah Kenteng dan MI Muhammadiyah Serangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini secara umum keterampilan kepala madrasah dari kedua madrasah ada kesamaan. Namun, dalam beberapa hal ada keunikan dari masing-masing keterampilan manajerial kepala madrasah. Hasil penelitian adalah (1) Keterampilan konsep kepala madrasah ditunjukkan dari komitmen kepala madrasah terhadap visi, visi sebagai pedoman dalam pembuatan program, program peningkatan kinerja guru, memahami kebutuhan guru, dan menyusun program sesuai dengan kebutuhan guru. (2) Keterampilan hubungan manusia kepala madrasah ditunjukkan dari pengkomunikasian program madrasah, membangun pola komunikasi guru, pengawasan kinerja guru, dan memberikan motivasi kepada guru. (3) Keterampilan teknik kepala madrasah ditunjukkan dari pembagian tugas sesuai kemampuan guru, pengarahan, dan pelibatan beberapa pihak dalam penyusunan program maupun proses penetapan kebijakan.
Kata Kunci: Keterampilan Manajerial, Kepala Madrasah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:43
Last Modified: 11 Oct 2019 03:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item View Item