PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARDS SORT OF ROTATING ROLES PADA SUBTEMA MERAWAT HEWAN UNTUK SISWA KELAS II SD

Fauziah, Lina and Erviana, Vera Yuli (2019) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARDS SORT OF ROTATING ROLES PADA SUBTEMA MERAWAT HEWAN UNTUK SISWA KELAS II SD. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500005324_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500005324_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penerapan penggunaan strategi yang kurang maksimal dan efektif membuat pembelajaran menjadi kurang bermakna. Untuk mengatasi hal tersebut guru membutuhkan strategi yang tepat. Pengembangan Strategi Pembelajaran Cards Sort Of Rotating Roles bertujuan untuk menghasilkan produk Strategi pembelajaran yang dapat membantu guru dan peserta didik dalam menerapkan skenario pembelajaran menjadi lebih sistematik dan hidup. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (rescarch and development). Penelitian yang dilakukan dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dari strategi Cards Sort Of Rotating Roles yaitu peserta didik kelas II B SD Muhammadiyah Pendowoharjo dengan peserta didik yang berjumlah 20 peserta didik. Strategi yang dikembangkan digunakan dalam tema 6 subtema 2 merawat hewan pada pembelajaran 3. Penilaian produk berupa strategi Cards Sort Of Rotating Roles untuk mengetahui kualitas dan kelayakan dari strategi yang dikembangkan, hal tersebut dapat dilihat melalui instrumen penilaian, observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan persentase nilai rata-rata dari keseluruhan penilaian adalah 84,58% dengan kategori “Sangat Layak”. Sehingga dapat dipaparkan bahwa setelah diterapkannya strategi Cards Sort Of Rotating Roles pada pembelajara peserta didik merasa tertarik dan kelas menjadi aktif positif. Selain itu dengan adanya strategi Cards Sort Of Rotating Roles membuat guru dan peserta didik menjadi lebih memaksimalkan kegiatan sehingga menjadi lebih sisitematik

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Vera Yuli Erviana, M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:53
Last Modified: 16 Oct 2019 01:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item