KOMUNIKASI EFEKTIF KOMUNITAS RUMAH BACA (RBK) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK-ANAK DI DUSUN KANOMAN

Paramitha, Aniendhita (2019) KOMUNIKASI EFEKTIF KOMUNITAS RUMAH BACA (RBK) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK-ANAK DI DUSUN KANOMAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500030110_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500030110_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatar belakangi bahwa minat baca anakanak di Dusun Kanoman masih rendah. Keberadaan Komunitas Rumah Baca
(RBK) sendiri juga di katakan belum berjalan secara efektif. Hal ini dikarenakan
Komunitas Rumah Baca (RBK) belum lama berpindah di Dusun Kanoman,
volunter yang over load pekerjaan, dan sebagian besar tidak bisa berbahasa Jawa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi efektif
Komunitas Rumah Baca (RBK) dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak
di Dusun Kanoman.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan
model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan pendekatan deskriptif
analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Rumah Baca (RBK)
dikatakan mampu meningkatkan minat baca anak-anak di Dusun Kanoman. Hal
ini terbukti bahwa anak-anak mulai berkeinginan untuk membaca dan meminjam
buku di komunitas. Komunitas juga menerapkan prisip komunikasi efektif yang
disingkat REACH. Ada hambatan yang dialami dari pihak komunitas maupun
anak-anak, namun hambatan itu dapat diatasi.

Kata Kunci : Komunikasi Efektif, Komunitas Rumah Baca (RBK), Minat Baca

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:37
Last Modified: 30 Dec 2019 03:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16058

Actions (login required)

View Item View Item