PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK YANG MASUK SD SEBELUM USIA 7 TAHUN

Noviasari, Fatma (2020) PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK YANG MASUK SD SEBELUM USIA 7 TAHUN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of 1400013062_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
1400013062_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran
perkembangan sosial emosional pada anak yang masuk SD sebelum usia
tujuh tahun. Subjek penelitian ini adalah dua orang, dengan jenis kelamin
perempuan yang masuk SD pada usia enam tahun sembilan bulan dan
enam tahun 10 bulan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi.
Teknis analisis data utama pada penelitian ini menggunakan analis isi
(content). Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi serta
metode triangulasi sumber dan member check untuk memenuhi validitas
data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan sosial
emosional yang dimiliki oleh subjek I yaitu, mampu tetap tenang dan
menyesuaikan diri dengan kondisi fisiologisnya, mampu memulai
komunikasi dengan baik, namun subjek belum mampu menyelesaikan
tugas sesuai dengan target waktu yang diberikan guru, dikarenakan
melakukan aktivitas lain, hal tersebut berpengaruh pada keberhasilan
untuk mengatasi kebutuhan fisiologisnya. Kemandirian serta
perkembangan emosi subjek cukup baik, hal tersebut berpengaruh pada
bagaimana kemampuan subjek untuk memulai serta menanggapi
tanggapan sosial. Selain itu faktor keluarga, kematangan, pendidikan,
serta kapasitas mental emosi dan inteligensi berpengaruh pada
perkembangan sosial emosional subjek I. Pada subjek II yaitu subjek
mampu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi fisiologisnya, namun
terkadang kurang mampu untuk menyelesaikan tugas karena aktvitas lain,
sehingga berpengaruh pada keberhasilan tugas fisiolgisnya. Subjek
kurang memiliki inisiatif dalam komunikasi, sehingga berpengaruh pada
kemampuan subjek untuk memulai serta menanggapi tanggapan sosial .
Dalam hal ini faktor keluarga, kematangan, pendidikan, serta kapasitas
mental, emosi dan inteligensi berpengaruh pada perkembangan sosial
emosional subjek II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kemampuan
perkembangan sosial emosional tergantung dari tingakat kematangan
perkembangan masing-masing individu. Pencapaian perkembangan sosial
emosional tersebut juga dipengaruhi oleh adanya faktor-faktor yang
mendukung perkembangan sosial emosional pada setiap individu.
Kata kunci: Perkembangan sosial emosional, Anak masuk SD sebelum
usia 7 tahun

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:22
Last Modified: 09 Jan 2020 07:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16302

Actions (login required)

View Item View Item