Dwi Cahyati, Upik (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS VB SD NEGERI BHAYANGKARA. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.
Text
JURNAL PTK Upik Dwi Cahyati.pdf Download (167kB) |
Abstract
Sebagian besar peserta didik kelas VB SD Negeri Bhayangkara memiliki
memiliki motivasi belajar yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada muatan IPS kelas VB SD Negeri
Bhayangkara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah guru dan siswa yang berjumlah 39 anak. Penelitian ini menggunakan
model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan.
setiap siklus meliputi tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, skala, dan wawancara. Instrumen yang digunakan
adalah lembar observasi aktivias guru dan skala motivasi belajar. Teknis analisis
data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas
VB SD N Bhayangkara meningkat. Peningkatan motivasi belajar peserta didik
terbukti dari hasil persentase jumlah peserta didik yang memiliki percaya diri
kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus I 46,15% dan siklus II 84,61%.
Peningkatan tersebut terjadi karena guru menerapkan 5 langkah model
pembelajaran kooperatif tipe STAD, yaitu; presentasi kelas, tim (kelompok), kuis,
skor kemajuan individual, dan rekognisi (penghargaan).
Kata kunci: motivasi belajar siswa, model pembelajaran STAD
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Dikdo Harimawanto |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 02:59 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 02:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16814 |
Actions (login required)
View Item |