PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD

Rohmawati, Elysa (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of Jurnal PTK_Elysa Rohmawati 1807563016.pdf] Text
Jurnal PTK_Elysa Rohmawati 1807563016.pdf

Download (578kB)

Abstract

Abstrak: Peningkatan Keaktifan Belajar PPKn Menggunakan Media Kartu Kuartet
pada Peserta Didik Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
keaktifan belajar PPKn menggunakan media kartu kuartet pada peserta didik kelas
V C SD Muhammadiyah Condongcatur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan
Mc. Taggart. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V C SD Muhammadiyah
Condongcatur dengan jumlah 41 peserta didik. Simpulan penelitian ini adalah
media kartu kuartet mampu meningkatkan keaktifan belajar PPKn pada peserta
didik kelas V C SD Muhammadiyah Condongcatur. Hal ini terbukti dari adanya
peningkatan keaktifan belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 72%
(kriteria tinggi), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84% (kriteria sangat
tinggi). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 12%. Dengan demikian,
penggunaan media kartu kuartet dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta
didik kelas V C SD Muhammadiyah Condongcatur.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item