PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS IV SD

Mia Widyanti, Litfia and Hartini, Sri (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS IV SD. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of Jurnal PTK_Litfia Mia Widyanti.pdf] Text
Jurnal PTK_Litfia Mia Widyanti.pdf

Download (310kB)

Abstract

Abstrak: Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Penerapan
Model Think Talk Write pada Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model cooperative
learning tipe think talk write dan meningkatkan keterampilam membaca
intensif pada siswa kelas IV SD. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas
IVC SD Muhammadiyah Condongcatur dengan jumlah 38 siswa. Simpulan
penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan model Cooperative
Learning tipe think talk write , yaitu (a) pembagian LKPD, b membaca
masalah dalam LKPD think, (c) pembagian kelompok, (d)berdiskusi
talk , (e) menuliskan hasil diskusi write, (f) penyajian hasil diskusi, (g)
refleksi dan penarikan kesimpulan, serta dapat meningkatkan keterampilan
membaca intensif pada siswa kelas IV SD. Hal ini terbukti dari jumlah siswa
yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥78 pada siklus I sebanyak 74%
dan siklus II sebanyak 82%.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16822

Actions (login required)

View Item View Item