Knowledge Mapping Pada Pengelolaan Bank Sampah di Kota Yogyakarta

Linarti, Utaminingsih and Astuti, Amalia.Y (2017) Knowledge Mapping Pada Pengelolaan Bank Sampah di Kota Yogyakarta. Kopertis Wilayah V Yogyakarta. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Knowledge Mapping Kopertis.pdf] Text
Laporan Knowledge Mapping Kopertis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya volume sampah di kota Yogyakarta perlu diatasi. Salah satu langkah yang sudah dilakukan adalah dengan membentuk bank sampah. Data tahun 2016 didapatkan sejumlah 405 bank sampah dan jumlahnya akan terus meningkat. Peningkatan jumlah bank sampah tidak diikuti peningkatan kualitasnya sehingga permasalahan sampah belum terselesaikan. Penelitian sebelumnya didapatkan klaster pengelompokan bank sampah. Diperlukan eksplorasi pada stok pengetahuan di dalam organisasi bank sampah pada setiap klaster bank sampah.
Pemetaan menggunakan model dan kerangka knowledge map diperlukan untuk menggambarkan hasil eksplorasi. Knowledge map akan mengekstraksi stok pengetahuan dari bank sampah. Pemetaan pengetahuan membantu pengelola bank sampah untuk meningkatkan aktivitasnya yang bernilai tambah dan memberikan best practices pada klaster tertentu. Penelitian ini memetakan pengetahuan pada klaster tumbuh III. Knowledge map ini dapat menjadi panduan untuk bank sampah di kota Yogyakarta pada klaster tumbuh II, tumbuh I dan klaster pengenalan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan masing-masing klaster. Selain menjadi panduan, knowledge map ini juga berfungsi sebagai yellow pages di mana proses pembelajaran dapat dilakukan oleh ahli pada map tersebut.

Kata kunci: bank sampah, knowledge map, best practices, knowledge

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Utaminingsih "tami" Linarti
Date Deposited: 01 May 2020 06:25
Last Modified: 01 May 2020 06:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18574

Actions (login required)

View Item View Item