PERANCANGAN ULANG POPOR SENAPAN ANGIN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI DAN METODE QFD (Studi Kasus: Senapan Angin Sharp Dragon Cal 4,5 mm)

budiyanto, tri and Nugroho, pandu (2013) PERANCANGAN ULANG POPOR SENAPAN ANGIN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI DAN METODE QFD (Studi Kasus: Senapan Angin Sharp Dragon Cal 4,5 mm). [Artikel Dosen]

[thumbnail of CAE 2013_compressed.pdf] Text
CAE 2013_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Produk senapan banyak digunakan oleh para pecinta olahraga tembak dan berburu. Diantaranya tipe pneumatic rifle atau senapan angin. Jenis dan harga sebuah senapan angin sangatlah beraneka ragam. Disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen dan pada bahan dasar, bentuk atau desain, serta fungsi senapan angin. Model senapan angin sekarang yang masih memiliki keterbatasan dari bahan dasar, bentuk atau desain kenyamanan produk senapan angin mengurangi daya minat masyarakat pecinta hobi menembak dan berburu yang selalu membutuhkan produk yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usulan popor senapan angin berdasarkan pendekatan ergonomi dan metode QFD untuk peningkatan kenyamanan, peningkatan nilai produk dan nilai estetika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan ergonomi dan metode QFD. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna senapan Sharp Dragon di wilayah Gunungpring dengan jumlah sampel 15 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik nonprobability/nonrandom sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian menghasilkan rancangan popor senapan yang lebih baik dibandingkan popor standar senapan Sharp Dragon yang sudah ada. Rancangan popor yang dikembangkan ini memiliki kelebihan-kelebihan, diantaranya: setelan penopang pipi dan bahu yang adjustable pada titik-titik kontak antara popor dengan anggota tubuh sehingga sesuai dengan keinginan dan kenyamanan pengguna, penggantian bahan baku menghasilkan bobot popor yang lebih ringan 5 ons, ketebalan popor 4 cm sesuai dengan rata-rata genggaman pengguna, model popor yang lebih artistik, Penghematan biaya Rp 111.000 atau 32% pada harga pasaran popor terendah, dan Rp 261.000 atau 52% pada harga pasaran popor tertinggi dari harga popor model konvensional yang ada di pasaran, dan penggunaan cat clear/hardener pada finishing sehingga menghasilkan popor yang lebih tahan gores dan mengkilap.

Kata Kunci: Quality Function Deployment, Popor Senapan

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Tri Budiyanto
Date Deposited: 10 Aug 2020 10:37
Last Modified: 17 Feb 2021 03:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20001

Actions (login required)

View Item View Item