Similarity Check Penghambatan Aktivitas Xanthine Oxidase oleh Ekstrak Etanol Sarang Semut (Myrmecodia tuberosa (non jack) Bl.) secara In Vitro

Ernawati, Ernawati and Susanti, Hari Similarity Check Penghambatan Aktivitas Xanthine Oxidase oleh Ekstrak Etanol Sarang Semut (Myrmecodia tuberosa (non jack) Bl.) secara In Vitro. Fakultas Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of Similarity Check] Text (Similarity Check)
report (6).pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Asam urat merupakan produk akhir metabolisme purin mengendap di persendian dan membentuk kristal kecil sehingga menimbulkan peradangan yang dikenal dengan gout. Gout merupakan penyakit metabolik yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia). Salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi gout adalah allopurinol dengan mekanisme menghambat aktivitas xanthine oxidase. Tumbuhan sarang semut diketahui mengandung flavonoid dan terbukti secara empiris untuk mengobati keluhan rematik dan asam urat. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menguji apakah ekstrak etanol sarang semut mampu menghambat aktivitas xanthine oxidase. Ekstrak etanol sarang semut dibuat dengan menggunakan metode maserasi. Sebelum penyarian dilakukan pengawalemakan menggunakan petroleum eter (PE). Penghambatan aktivitas xanthine oxidase oleh ekstrak etanol sarang semut secara in vitro ditentukan melalui penurunan produksi asam urat yang dimonitor dengan spektrofotometer pada (λ) 295 nm dengan xanthine sebagai substrat. Nilai rate yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk menghitung nilai aktivitas. Kemudian ditentukan IC50. Sebagai pembanding digunakan allopurinol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol sarang semut mampu menghambat aktivitas xanthine oxidase dengan IC50 112,40 µg/ml lebih lemah dibandingkan IC50 allopurinol sebesar 3,16 µg/ml.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QK Botany
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Mrs Hari Susanti
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:06
Last Modified: 01 Oct 2020 04:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20702

Actions (login required)

View Item View Item