Similarity Check Penetapan Kadar Fenolik Total Ekstrak Metanol Kelopak Bunga Rosella Merah (Hibiscus sabdariffa Linn) dengan Variasi Tempat Tumbuh secara Spektrofotometri

Alfian, Riza and Susanti, Hari Similarity Check Penetapan Kadar Fenolik Total Ekstrak Metanol Kelopak Bunga Rosella Merah (Hibiscus sabdariffa Linn) dengan Variasi Tempat Tumbuh secara Spektrofotometri. Fakultas Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of Similarity Check] Text (Similarity Check)
report (7).pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan kadar fenolik total pada kelopak bunga rosella merah (Hibiscus sabdariffa Linn) dengan variasi tempat tumbuh. Kelopak bunga Rosella merah diambil dari daerah Glagah, Kediri dan Samigaluh. Senyawa fenolik dalam kelopak bunga rosella diekstraksi menggunakan metode maserasi dengan pelarut metanol. Kadar fenolik total ditetapkan menggunakan metode Spektrofotometri visibel dengan pereaksi Folin Ciocalteau. Prinsip dari metode ini adalah terbentuknya senyawa kompleks berwarna biru dari fosfomolibdat-fosfotungstat yang direduksi senyawa fenolik dalam suasana basa yang dapat diukur secara spektrofotometri. Sebagai pembanding digunakan asam galat. Kadar fenolik total pada kelopak bunga Rosella merah Glagah, Kediri dan Samigaluh berturut-turut yaitu 1,40 g GAE/100 g ekstrak, SD 0,06 dengan n=12; 1,41 g GAE/100 g ekstrak, SD 0,07 dengan n=12 dan 2,12 g GAE/100 g ekstrak, SD 0,05 dengan n=15. Dapat disimpulkan bahwa tempat tumbuh berpengaruh terhadap kadar fenolik total dalam ekstrak metanol kelopak bunga Rosella merah.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QK Botany
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Mrs Hari Susanti
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:06
Last Modified: 01 Oct 2020 04:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20704

Actions (login required)

View Item View Item