PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVEGEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDIT LHI MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING

Imtihani, Hidayatul and Maryani, Ika and Purwanto, Purwanto (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVEGEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDIT LHI MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 3. Hidayatul Imtihani-PGSD (20-33).pdf] Text
3. Hidayatul Imtihani-PGSD (20-33).pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir divergen siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIB SDIT LHI, semester 1 tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus berlangsung dalam 2 sesi pembelajaran. Instrument penelitian berupa lembar observasi, soal tes kemampuan berpikir divergen dan instrument indikator kemampuan berpikir divergen. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah hasil observasi pembelajaran matematika terpenuhi dengan kriteria cukup, peningkatan kemampuan berpikir divergen pada nilai rata-rata hasil tes menunjukkan nilai rata-rata > 75, ketuntasan belajar >80%, aspek indikator penilaian kemampuan berpikir divergen siswa minimal kategori cukup. Hasil observasi pada siklus I dan II terdapat peningkatan, dimana skor rata-rata dari 2 menjadi 3,3. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir divergen juga mengalami peningkatan dari 76.50 menjadi 81,25 dengan ketuntasan belajar sebesar 69% menjadi 88,46%. Rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 4,75 atau 5,8%. Prosentase peningkatan ketuntasan belajar siswa sebanyak 19,46% yaitu dari 19 menjadi 23 siswa, dan berada pada kategori tinggi. Aspek kemampuan berpikir divergen terdapat peningkatan rata-rata skor pada setiap siklus, yaitu skor 2,5 siklus I dengan kategori sedang menjadi 2,8 dengan kategori cukup. Penerapan model pembelajaran PBL pada pembelajaran Matematika mampu meningkatkan kemampuan berpikir divergen siswa kelas VIB SDIT LHI.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Ika Maryani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:01
Last Modified: 14 Nov 2020 07:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21205

Actions (login required)

View Item View Item