Hartati, Suci and Fatmawati, Laila and Krismilah, Tri (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS V SD MASJID SYUHADA. [Artikel mahasiswa]
Text
5. Suci Hartati-PGSD (45-56).pdf Download (407kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan game edukatif pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V SD Masjid Syuhada. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta berjumlah 25 siswa yang terdiri atas 13 siswa putra dan 12 siswa putri. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, tes evaluasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: 1) Minat belajar siswa sebelum diadakan tindakan mencapai 57, 71%, pada siklus 1 mencapai 67,79 % dan pada siklus II mencapai 78,07 %. 2) Hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan ketuntasan belajarnya 28 %, pada siklus 1 ketuntasan belajar mencapai 48 % dan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 80 %. Dengan demikian, hasil ini menunjukkan bahwa dengan game edukatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V SD Masjid Syuhada.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Laila Fatmawati |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Unit Kegiatan Mahasiswa |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 14 Nov 2020 07:01 |
Last Modified: | 14 Nov 2020 07:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21207 |
Actions (login required)
View Item |