Maryanti, Maryanti and Hanafi, Yahya and Safitri, Irma Yulianti and Hartini, Sri (2020) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS I B MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET (REAL OBJECT) MELALUI PEMBELAJARAN DARING. [Artikel mahasiswa]
Text
19. MARYANTI - PGSD (198-208).pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini brtujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam penggunaan media konkret (real object) pada pelajaran matematika di SD Bantulan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IB SD Bantulan yang berjumlah 20 siswa yang terdiri 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.Penelitian ini dilakukan selama kurun waktu satu bulan terhitung dari tanggal 14 Oktober sampai tanggal 11 November selama kurun waktu PPL. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskruptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan media konkret (real Object) hanya 35% yang tuntas, sedangkan 65% belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan media konkret (real object) pada siklus I diperoleh data 60% tuntas dan terjadia peningkatan hasil belajar padaSiklus II yaitu 90% tuntas. Jadi dari penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan media konkret (real object) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IB SD Bantulan.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Yahya Hanafi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 14 Nov 2020 07:02 |
Last Modified: | 14 Nov 2020 07:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21223 |
Actions (login required)
View Item |