PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Apriadi, Danang and Saputra, Wahyu Nanda EKa and Malik, Muhammad Abdul (2020) PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 9. Danang Apriadi PPG BK (318-329).pdf] Text
9. Danang Apriadi PPG BK (318-329).pdf

Download (307kB)

Abstract

Sebagian siswa SMK Muhammadiyah 1 Prambanan mengalami permasalahan dalam hal keyakinan diri (efikasi diri). Siswa merasa tidak yakin kalau prestasinya akan meningkat, tetapi ia masih malas belajar dan tidak mau memperbaiki kebiasaan belajarnya. Di samping itu, mereka juga merasa kurang yakin akan kemampuannya ketika menghadapi ujian sehingga putus asa dan cenderung mengandalkan bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri akademik pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Prambanan melalui bimbingan kelompok teknik homeroom. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah 10 orang siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang berdasarkan asesmen awal memiliki tingkat efikasi diri yang rendah. Oleh sebab itu dilakukan tindakan berupa layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. Data tentang efikasi diri akademik diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa didukung dengan observasi selama tindakan. Angket berisi 25 butir pertanyaan dengan 4 alternatif jawaban tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dapat meningkatkan efikasi diri akademik pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Peningkatan tersebut dilihat dari rata-rata skor efikasi diri akademik sebelum siklus sebesar 48,3 (kategori rendah) meningkat setelah diberikan tindakan pada siklus I menjadi 68,9 (kategori sedang) lalu semakin meningkat setelah diberikan tindakan pada siklus II menjadi 79,6 (kategori tinggi). Peningkatan efikasi diri akademik ini terjadi pada seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian tindakan. Dengan kata lain sebanyak 100% siswa memiliki efikasi diri akademik dalam kategori tinggi.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Wahyu Nanda Eka Saputra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:03
Last Modified: 14 Nov 2020 07:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21239

Actions (login required)

View Item View Item