Rahmawati, Dwi Elva and Widyastuti, Dian Ari and Muhliawati, Yeni (2020) PENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA BULLYING MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK DISKUSI DI KELAS XI AKL 2 SMK AL FALAH MOGA. [Artikel mahasiswa]
Text
11. Dwi Elva Rahmawati (410-416).pdf Download (174kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman bahaya bullying peserta didik. Terlihat dari pemahaman peserta didik tentang bahaya bullying masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bahaya bullying peserta didik melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2020, bertempat di SMK Al Fala Moga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas untuk meneliti pemahaman bahaya bullying peserta didik menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI Akuntansi 2. Metode pengumpulan data dalam penlitian ini menggunakan angket pemahaman bahaya bullying. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Berdasarkan perbandingan hasil penelitian tindakan kelas pada kondisi awal dengan siklus I dan II menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan klasikal yang dilakukan peneliti dan observer dianalisis oleh peneliti dan observer, dilihat dari perbandingan antara siklus I dan siklus II, pada siklus I peserta didik yang masuk dalam kategori sangat tinggi 15 % dan dalam katergori tinggi 40 %. Kemudian pada siklus II meningkat, peserta didik yang masuk dalam kategori sangat tinggi 60 % dan dalam kategori tinggi 35 %, ini artinya dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pemahaman bahaya bullying yang tinggi dari tahap awal sampai ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman bahaya bullying siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Al Falah Moga dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan pemahaman bahaya bullying siswa pada setiap siklus yang berbanding lurus dengan upaya perbaikan proses layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi pada setiap siklus.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Dian Ari Widyastuti |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 06:19 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 06:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21256 |
Actions (login required)
View Item |