UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI BAGI SISWA KELAS XI OTKP SMK SULTAN AGUNG TIRTOMOYO

Hanani, Indra Feri and Widyastuti, Dian Ari and Muhliawati, Yeni (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI BAGI SISWA KELAS XI OTKP SMK SULTAN AGUNG TIRTOMOYO. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 14. Indra Feri Hanani (434-440).pdf] Text
14. Indra Feri Hanani (434-440).pdf

Download (171kB)

Abstract

Permasalahan-permasalahan peserta didik yang terjadi di SMK Sultang Agung Tirtomoyo salah satunya adalah terjadi penurunan pada hasil belajar peserta didik. Penurunan hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah motivasi belajar siswa yang menurun. Siswa dituntut untuk meningkatkan motivasi belajar. Dalam hal ini peran guru BK sangat diperlukan untuk membantu peserta didik yang mempunyai motivasi belajar rendah khususnya kelas XI OTKP SMK Sultan Agung Tirtomoyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas kelas XI OTKP SMK Sultan Agung Tirtomoyo.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan desain Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas XI OTKP yang memiliki motivasi belajar rendah. Instrumen penilitian ini menggunakan angket motivasi belajar, ketercapaian meningkatnya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata pada setiap siklus. Karena penelitian ini bersifat sementara, maka peneliti hanya melakukan 1 kali pertemuan pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari rata-rata hasil pra tindakan, pasca tindakan 1 dan pasca tindakan 2. Hasil rata-rata pra tindakan menunjukkan bahwa 8 siswa tersebut masuk kategori rendah yaitu 47,5%. Sedangkan hasil pasca tindakan 1 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata 8 siswa tersebut masuk kategori sedang yaitu 64,125% atau terjadi peningkatan 16,625 %. Pada pasca tindakan 2 hasil rata-rata 8 siswa tersebut masuk kategori tinggi yaitu 77,875% atau terjadi peningkatan 13.747 %. Dan jika dibandingkan dengan hasil pra tindakan maka terjadi peningkatan rata-rata 47,5% menjadi rata-rata 77,875% atau peningkatannya sebanyak 30,375%.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Dian Ari Widyastuti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:19
Last Modified: 16 Nov 2020 06:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21259

Actions (login required)

View Item View Item