UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI AK SMK NU 01 PENAWAJA ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Eryani, Eryani and Barida, Muya and Munandari, Ike (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI AK SMK NU 01 PENAWAJA ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 17. ERYANI (600-609).pdf] Text
17. ERYANI (600-609).pdf

Download (272kB)

Abstract

Motivasi belajar dapat meningkatkan keinginan peserta didik untuk belajar, sehingga guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran di sekolah hendaknya dapat memotivasi peserta didik untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi belajar melalui layanan bimbingan klasikal dengan model experiental learning pada peserta didik kelas XI AK SMK NU 01 Penawaja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan-kegiatan belajar, Bimbingan klasikal merupakan istilah yang khusus digunakan di institusi pendidikan sekolah dan menunjuk pada sejumlah peserta didik yang dikumpulkan bersama untuk kegiatan bimbingan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling, Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Kegiatan siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi belajar pada siklus I sebagian besar dalam kategori rendah sebanyak 4 peserta didik atau 57%, dan dalam kategori sedang sebanyak 3 peserta didik atau 43%. Kemudian untuk keaktifan peserta didik yang mengikuti layanan bimbingan klasikal menujukkan bahwa sebagian besar dalam kategori rendah sebanyak 4 peserta didik atau 57%, dan dalam kategori sedang sebanyak 3 peserta didik atau 43%. Tingkat motivasi belajar pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 5 peserta didik atau 71%. Kemudian dalam kategori sangat tinggi terdapat 1 peserta didik atau 14%, dan dalam kategori sedang terdapat 1 peserta didik atau 14%. Diharapkan peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga mampu meraih prestasi dan sehingga dapat mewujudkan cita-cita yang diinginkan.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Muya Barida
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 17 Nov 2020 20:08
Last Modified: 17 Nov 2020 20:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21307

Actions (login required)

View Item View Item