PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KATA BAKU DAN TIDAK BAKU SISWA KELAS VI SD NEGERI 19 SAWANG

Mislia, Mislia and Fakhrur Saifudin, Muhamad and Syapriyuda, Sandi (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KATA BAKU DAN TIDAK BAKU SISWA KELAS VI SD NEGERI 19 SAWANG. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 34. MISLIA (1061-1073).pdf] Text
34. MISLIA (1061-1073).pdf

Download (258kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa mengenal dan mengidentifikasi kata baku dan tidak baku disebabkan metode yang digunakan oleh guru belum tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran crosswordpuzzle untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi kata baku dan tidak baku siswa kelas VI SD Negeri 19 Sawang. Pada tahap pra tindakan, tahap tindakan dan tahap evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas VI SD Negeri 19 Sawang yang berjumlah 25 orang tahun ajaran 2020/2021 dan sampelnya ditetapkan semua populasi. Datanya adalah hasil tes awal, hasil tes akhir, hasil observasi, hasil catatan lapangan dan hasil wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu mereduksi data, menyajikan data menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu data-data berupa uraian. Hasil penelitian, tes awal dalam penelitian ini memperoleh persentase (32%) pada pra siklus (76%) pada siklus I dan (100%) pada siklus II disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran crosswordpuzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 19 Sawang Kabupaten Aceh Utara pada materi kata baku dan tidak baku.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Muhamad Fakhrur Saifudin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:32
Last Modified: 24 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21375

Actions (login required)

View Item View Item