Candra, Mashuri and Santosa, Hardi and Biantoro, Yudi (2020) UPAYA MENUMBUHKAN PERSEPSI POSITIF TERHADAP GURU BK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL. In: UNSPECIFIED.
Text
2. Mashuri Candra (909-918).pdf Download (362kB) |
Abstract
Keberadaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah meskipun sudah diakui sebagai profesi, namun masih ada persepsi negatif tentang bimbingan dan konseling. Salah satunya BK identik dengan tempat pembuangan sampah, karena banyak siswa yang dianggap bermasalah diarahkan ke guru BK. Langkah yang dapat menumbuhkan persepsi positif siswa terhadap guru BK adalah layanan bimbingan klasikal karena diberikan kepada siswa dalam jumlah satuan kelas. Dari kenyataan di atas, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal dapat menumbuhkan persepsi positif terhadap guru BK di SMAN 2 Ngadirojo. Metode penelitian ini yang digunakan menggunakan pendekatan penelitian tindakan bimbingan konseling. Subyek yang diteliti adalah siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 2 Ngadirojo yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus (siklus I dan siklus II) dimana siklus I, 2 kali tindakan dan siklus II, 1 kali tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara dengan analisis data menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan 1 siklus I dengan persentase 41% dengan kriteria kurang berhasil, dan tindakan 2 dengan persentase 50% dengan kriteria cukup berhasil. Sedangkan pada siklus II diperoleh 81% dengan kriteria berhasil. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan klasikal dapat menumbuhkan persepsi positif siswa terhadap guru BK di SMAN 2 Ngadirojo.
Item Type: | Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED) |
---|---|
Keyword: | Hardi Santosa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 04:38 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 04:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21377 |
Actions (login required)
View Item |