UPAYA MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH MELALUI KONSELING TEKNIK SISTEMATIK DESENSITIZATION PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI DARUL HASANAH

Sari, Permana and Hartini, Sri and Susilowati, Niken and Budiprabowo, Agung (2020) UPAYA MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH MELALUI KONSELING TEKNIK SISTEMATIK DESENSITIZATION PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI DARUL HASANAH. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 15. PARMANA (1017-1023).pdf] Text
15. PARMANA (1017-1023).pdf

Download (174kB)

Abstract

Permasalahan yang di ajukan dalam penelitian ini adalah apakah konseling teknik sistematik desensitization dapat mengurangi kecemasan dalam menghadapi ujian kelas X SMK NEGERI DARULHASANAH. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa/i kelas X SMK NEGERI DARULHASANAH. Sampel penelitian adalah siswa kelas X yang mengalami masalah kecemasan yang diperoleh berdasarkan hasil pengukuran terhadap tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian besar sampel adalah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan tingkat kecemasan. Penurunan tersebut diketahui dari tindakan pertaman secara individual persentase penurunan berkisar antara 21,73% sampai dengan 24,67% dan secara rata-rata penurunan sebesar 22,53%. Pada Siklus II secara individual persentase penurunan berkisar antara 37,03% sampai dengan 31,03% dan secara rata-rata penurunan sebesar 32,73%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis dapat mengurangi kecemasan siswa kelas X SMK Negeri Darulhasanah

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sri Hartini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:33
Last Modified: 24 Nov 2020 04:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21390

Actions (login required)

View Item View Item