UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN KARTU BACA PADA SISWA AUTIS DI SLB AUTISTIK FAJAR NUGRAHA

Nurwandi, Nurwandi and Hartini, Sri and Susilowati, Niken and Agungbudiprabowo, Agungbudiprabowo (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN KARTU BACA PADA SISWA AUTIS DI SLB AUTISTIK FAJAR NUGRAHA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 22. NURWANDANI (1098-1108).pdf] Text
22. NURWANDANI (1098-1108).pdf

Download (227kB)

Abstract

Anak usia sekolah dasar adalah masa berkembang pesat penguasaan kata. Pada masa ini anak umumnya sudah menguasai lebih dari dua ribu kata. Tetapi tidak demikian dengan anak autis. Anak autis sebagian besar mengalami keterlambatan dalam menguasai bahasa. Terdapat kesenjangan antara kemampuan siswa kelas I pada umumnya dengan siswa autis kelas I, yaitu pada siswa autis kelas I belum mampu membaca suku kata yang seharusnya sudah kuasai. Peningkatan kemampuan membaca awal diharapkan terjadi melalui penerapan layanan bimbingan belajar. Model bimbingan dengan menggunakan kartu baca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca awal siswa autis melalui bimbingan belajar dengan media kartu baca Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas model spiral menurut Kemmis dan Taggart. Model siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan refleksi. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, yaitu rerata hasil skor yang diperoleh siswa dideskripsikan dan didukung dengan hasil observasi yang telah dilakukan untuk mendapatkan analisis data valid. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan membaca awal pada setiap tindakan. Pada kondisi pratindakan rata-rata kemampuan sebesar 45% atau predikat kurang, siswa belum mampu membaca suku kata dengan benar dan mengalami peningkatan sebesar 22.5% sehingga menjadi 67.5% atau predikat cukup pada siklus 1. Pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10% dari siklus 1 sebesar 67.5% menjadi 77.5% disiklus 2. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa sudah mampu mencapai kriteria keberhasilan yaitu predikat baik dan mampu membaca suku kata. Keberhasilan yang diperoleh siswa menunjukkan bahwa media kartu huruf mampu meningkatkan kemampuan membaca awal siswa sehingga pemberian tindakan dapat dihentikan pada siklus 2.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sri Hartini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:36
Last Modified: 24 Nov 2020 04:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21408

Actions (login required)

View Item View Item