UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS 5 SD NEGERI KERTIREJO

Tyas, Karlinda Cahyaningsi and Sulisyono, Roni and Widyastuti, Nur Sri (2020) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS 5 SD NEGERI KERTIREJO. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 7. KARLINDA CAHYANING TYAS (1188-1196).pdf] Text
7. KARLINDA CAHYANING TYAS (1188-1196).pdf

Download (305kB)

Abstract

Pembelajaran yang masih terpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif. Guru yang dalam pembelajarannya didominasi menggunakan metode ceramah dan jarang menerapkan belajar berkelompok menyebabkan minimnya aktivitas yang dilakukan siswa selama pembelajaran berlangsung. Aktivitas tersebut berpengaruh dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas 5 di SD Negeri Kertirejo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5, sedangkan obyek penelitian ini adalah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik. Prosedur penelitian Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian dapat dilihat dari peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan. Data hasil observasi aktivitas belajar menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 62% dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 72% pada siklus II dengan kategori baik. Dan dari hasil belajar siswa siklus I menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,22 dan meningkat pada siklus II menjadi 75,97. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 77%, dan meningkat pada siklus II menjadi 88%. Sehingga penelitian dianggap selesai dengan hasil penelitian yang menunjukkan aktivitas belajarnya diatas 61%, rata-rata kelas telah mencapai 65 dan presentase ketuntasan sudah lebih dari 75%.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Roni Sulisyono
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:30
Last Modified: 30 Nov 2020 04:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21463

Actions (login required)

View Item View Item