Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran

Khusna, Maziyatul and Sudaryanto, Sudaryanto and Dian, Dede (2020) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 20. Maziyatul Khusna (1313-1323).pdf] Text
20. Maziyatul Khusna (1313-1323).pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis blended learning pada kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran Kulon Progo yang berjumlah 14 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pratindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 46%, pada siklus I sebesar 66,6%, sedangkan pada siklus II sebesar 93,3%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pratindakan sebesar 54,8, siklus I sebesar 75,6, sedangkan pada siklus II sebesar 85,6. Begitu juga motivasi siswa dari siklus I juga mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I rata-rata indicator motivasi 75,16% pada siklus II menjadi 91,03%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Problem Based Learning (PBL) berbasis blended learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sudaryanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:32
Last Modified: 30 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21477

Actions (login required)

View Item View Item